FITRAH, FITNAH DAN FITNES

Kata fitrah, fitnah dan fitnes merupakan tiga kata kembar yang tiga huruf awalnya sama yaitu fit. Kata fit sendiri berarti segar-bugar, sehat, kokoh, kuat dan secara fisik sangat siap untuk melakukan tugas tertentu. Namun penambahan tiga huruf terakhir membuat makna dari kata tersebut menjadi amat jauh berbeda.
Berdasarkan kamus bahasa Indonesia karya Drs. Suharto dan Drs. Tata Iryanto, kata fitrah berarti derma sesudah habis puasa. Ini berarti derma diberikan sebagai sebuah bukti bahwa seseorang telah mencapai kemenangan setelah menjalani puasa. Fitrah mengungkapkan kebahagian dan ketulusan hati seseorang. Namun apalah arti dari aksi pemberian jika pemberian itu sendiri tidak halal. Artinya bagaimanakah seseorang dikatakan memberi fitrah dengan iklas jika apa yang ia berikan didapat dengan cara yang tidak halal. Dan di manakah nilai fitrah dan kemenangannya? Sebab fitrah itu dijalankan dengan cara memberikan sebagian harta milik bagii orang yang tidak empunya.
Kata Fitnah berdasarkan kamus bahasa Indonesia menunjukkan arti perkataan atau perbuatan yang menjelekkan, mencelakakan orang lain. Artinya fitnah itu dilakukan eseorang terhadap orang lain. Semua orang tentu pernah mengalami bagaimana rasanya kalau di fitnah dan bagimana rasanya memfitnah. Sebuah pertanyaan: mengapa manusia memfitnah dan apa manfaatnya.
Pada dasarnya fitnah itu dilakukan manakala seseorang tidak suka terhadap orang lain. Singkat kata fitnah itu dilakukan sebagai reaksi atas perasaan jengkel terhadap seseorang. Jika kita tidak suka terhadap seseorang tentunya segala predikat buruk kita letakan pada dirinya. Ingat kata adalah senjata yang sudah terisi penuh amunisi dan bisa ditembakan kapan dan di mana saja. Apakah ini baik? jika ini adalah hal buruk, mengapa kita melakukannya? Singkat kata, manusia gemar melakukan sesuatu yang tidak baik bagi orang lain akan tetapi menguntung dirinya. Jika demikian siapakah kita di hadapan orang lain?
Sekian sering seseorang memfitnah atau menjelekkan orang lain serentak dengan itu ia mau menyatakan dirinya sebagai orang baik.
Fitnes merupakan suatu aktivitas kebugaran yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Fitnes adalah suatu kegiatan yang membentuk kekuatan otot atau fisik. Sebuah adagium mensana in corpore sano (di dalam tubuh yang sehat jiwa dan pkiran yang sehat). apakah ini benar? Sekarang zaman sudah berubah, seiring dengan itu adagium inipun berubah di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran dan perbuatan yang jahat. Lihat saja kenyataan di lapangan, justru orang orang sehatlah yang moralnya bejat dan membahayakan nyawa orang lain.
Benang merah yang dapat menyatukan tiga kata (fitrah, fitnah dan fitness) ini adalah perbuatan yang baik (fitrah) dapat mengahantar manusia untuk bersikap secara wajar, baik bagi dirinya maupun orang lain. Kekuatan hati manusia dapat mengarahkan kita ke jalan yang benar. Pendek kata daya dari upaya mendekatkan diri kepada yang Ilahi dapat melenyapkan segala rencana jahat. Sebab manusia pada hakekatnya memiliki benih kebaikan yang terkandung dalam dirinya. Untukm itu ia harus…………

Bagaimanakah kita bersikap……………..? up to you……
tentukan pilihan dan tetapkan langkah serta mulailah berbuat
segalanya belum terlambat…….

siapa yang punya hati hendaknya merasa
siapa yang punya niat, ciptakan perubahan
untuk mem-fitrah-kan diri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDIDAYA MERANTI

CINTA TERHALANG SIGNAL